Kamis, 27 Maret 2014


SEMINAR WANITA DPD LDII KOTA TERNATE
“ PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( BALITA DAN CABERAWIT /USIA SD) “


Ternate, Maluku Utara
22 Februari 2014





      Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pendidikan anak, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia balita dan usia SD, pengurus DPD LDII Kota Ternate melalui Bidang Pemberdayaan Wanita, melaksanakan Seminar Wanita dengan tema Pendidikan anak usia dini (Balita dan Cabe rawit / Usia SD)”. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2014 yang diikuti oleh Ibu-ibu dan remaja putri warga LDII Kota Ternate, dengan menghadirkan pemateri Ibu Noor Susanti, S.Pd dan Ibu Linda Umasugi, SP., M.Si.

        Dalam pemaparannya, Ibu Noor Susanti, S.Pd menyampaikan bahwa menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, menerangkan bahwa Pendidikan anak usia dini dilaksanakan sebelum jenjang Pendidikan dasar. Diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 tahun dan bukan prasyarat masuk pendidikan dasar. Pendidikan usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak(TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.

     Ibu Noor Susanti, S.Pd menjelaskan bahwa Pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa, komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

       Acara seminar ini ditutup oleh Ketua DPD LDII Kota Ternate, Bapak Anang Pribadio, A.md, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa seminar terkait Pendidikan Anak ini sangat bermanfaat, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia balita dan usia SD, sehingga dalam kesehariannya orang tua memiliki panduan yang tepat dalam memberikan pola asuh anak. Beliau berharap kegiatan seminar dengan tema lain kedepan dapat terus dilaksanakan, dalam rangka meningkatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) warga LDII Kota Ternate.